LPPM UPNVY MENYELENGGARAKAN WORKSHOP ETIKA DALAM KARYA ILMIAH

Menurut ketua LPPM UPNVY, yaitu Dr. Ir. Heru Sigit Purwanto, M.T. bahwa LPPM UPNVY senantiasa meningkatkan kualitas mutu dosen dengan memfasilitasi kegiatan-kegiatan ilmiah untuk pembangunan bangsa tercinta. Hal ini bertujuan agar selaras dengan nilai-nilai yang dianut UPNVY, yaitu  meningkatkan kinerja ilmiah dosen UPNVY dalam mendarmabaktikan ilmu pengetahuan dengan hati tulus untuk pembangunan bangsa dan negara. Implementasi nilai-nilai ini adalah dosen UPNVY memiliki semangat disiplin, aktif,  dan kreatif dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi serta selalu berpikir untuk kepentingan yang luas yaitu masyarakat dan bangsa.

Salah satu acara yang sangat bagus dan bermanfaat yang diselenggarakan oleh LPPM UPNVY adalah acara program kerja pusat penelitian dan pengembangan LPPM tahun anggaran 2014 tentang workshop etika dalam karya ilmiah. Workshop diselenggarakan hari Rabu tanggal 18 Juni 2014 di ruang Seminar Fakultas Ekonomi UPNVY dengan pembicara Prof. Dr. Hajrial Aswinoor, M.Sc. Beliau adalah guru besar dalam disiplin ilmu genetika dan pemuliaan tanaman. Beliau sudah membimbingan 70 doktor yang lulus dari IPB. Beliau alumni Missouri University tahun 1991 dan aktif di DIKTI, Kemendikbud.

Dalam membahas Etika Dalam Membuat Karya Ilmiah ini, beliau membagi menjadi dua wilayah besar yaitu tataran batin dan tataran implementasi. Tataran batin berkaitan dengan peran seorang ilmuwan. Pada tataran doktor maka ilmu akan terus dikembangkan. Doktor harus berperan sebagai ilmuwan yang kaya dengan suasana batin. Karena doktor adalah philosoph yaitu suasana batin orang yang cinta kebenaran. Pada tataran implementasi maka etika akan mengarahkan tingkah laku manusia dalam pengambilan keputusan secara objektif untuk menentukan ‘kebenaran’ atau ‘kesalahan’.Pelanggaran etika terbagi menjadi dua, yaitu kesalahan jujur (honest errors) dan pembohongan (deception). Pada tingkat pembohongan inilah sanksi harus ditegakkan. Berikut ini adalah foto-foto dari kegiatan workshop ini, nampak dalam gambar Ketua LPPM UPNVY, Dr. Ir. Heru Sigit Purwanto, M.T. sedang mengantarkan jalannya workshop dan nampak dalam gambar ke dua foto bersama sebagian peserta dengan narasumber Prof. Dr. Hajrial Aswinoor, M.Sc.

Workshop ini sangat bagus karena banyak hal yang didiskusikan bersama dan semua dosen mendapatkan penyegaran dan pencerahan etika ilmiah yang sangat penting bagi pembangunan karya ilmiah dosen. Semangat membangun etika adalah semangat pembangunan bangsa. Mari kita tegakkan etika untuk memuliakan bangsa Indonesia tercinta. (peliput: Sri Suryaningsum, UPNVY)