PERSIAPAN PEMBUATAN RENSTRA PENELITIAN UPN VETERAN YOGYAKARTA 25 sd 26 Juni 2014

LPPM UPNVY memulai persiapan pembuatan Renstra Penelitian, diawali dengan kegiatan pada tanggal 25 Juni 2014 dan dilanjutkan dengan tanggal 26 Juni 2014. Tanggal 25 Juni 2014 dengan tiga agenda, yaitu silaturohim antar dosen UPNVY lulusan S3 (Dr, Ph.d), kaprodi, dan dekan. Silaturahmi ini diharapkan akan didapatkan keterkaitan ilmu, sehingga muncul idea penelitian bersama. Serta agenda yang ketiga adalah berpikir bersama dalam rangka rencana pembuatan RIP/renstra penelitian perguruan tinggi.

Dr. Ir. Heru Sigit Purwanto, M.T. selaku Ketua LPPM UPNVY memaparkan bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) sesuai dengan (Permen N0 049 th 2014) ini mengharuskan UPNVY menyiapkan dan mengembangkan diri dalam upaya memenuhi standar nasional penelitian. SNPT ini terdiri dari 3 bagian, yaitu:

1. Standar nasional pendidikan

2. Standar nasional penelitian

3. Standar nasional pengabdian kepada masyarakat

Berkat kerja keras dan strategi yang tepat LPPM UPNVY berhasil meraih bintang emas dua, sehingga UPNVY memiliki status sebagai Perguruan Tinggi Utama. Dengan meningkatnya status ini, maka penelitian tahun selanjutnya adalah lebih banyak ke skema Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT) yaitu 60% dan 40% skema lainnya (Hibah Fungsional, Hibah Bersaing, dll). Meningkatnya UPNVY menjadi kelompok Utama ini juga menjadikan dana meningkat sebesar 3 milyar. Dana 3 milyar ini harus terserap sesuai komposis PUPT sebanyak 60% dan skema lainnya sebanyak 40%.

Dalam mewadahi PUPT maka perlu Rencana Induk Penelitian yang tepat yang sesuai dengan dinamika civitas akademika UPNVY. Oleh karena itu diperlukan sumbang saran dari masing-masing prodi agar masing-masing disiplin ilmu terwadah. RIP merupakan arahan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pengelolaan penelitian institusi dalam jangka waktu tertentu (5 tahun). Riset Unggulan Institusi dan Road map riset yang akan dijalankan perlu untuk dijelaskan dan dasar/dokumen yang digunakan dalam penyusunan RIP adalah Renstra Institusi, RENIP (Rencana Induk Pengembangan), dan Academic Plan.

Akhirnya sukses selalu untuk pembuatan persiapan pembuatan RIP/Renstra penelitian Universitas Pembangunan “Veteran” Yogyakarta pada tanggal 25 sd 26 juni 2014. (peliput, Sri Suryaningsum)